RENCANA PROGRAM PELAYANAN BK
MTsN RUNGKUT SURABAYA
- Identitas
1. Madrasah : MTsN Rungkut Surabaya
2. Kelas/semester : IX / I (satu)
3. Jenis layanan : Informasi
4. Bidang bimbingan : Bimbingan Pribadi
5. Judul materi : Memantapkan nilai dan cara tingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Waktu pelaksanaan : 2 jam pelajaran (2x pertemuan)
7. Tujuan kegiatan : Klien/Siswa dapat ;
1. Menjelaskan pengertian nilai-nilai di masyarakat
2. Menjelaskan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam masyarakat
3. Menyebutkan perilaku yang positif
4. Menunjukan perilaku yang positif
B. Materi : 1. Nilai-nilai dan cara bertingkah laku sosial dalam kehidupan diluar kelompok sebaya
2. Contoh-contoh nilai dan cara perilaku sosial di luar kelompok sebaya
C. Uraian kegiatan
TAHAP | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | |
Pembukaan | Guru menjelaskan etika dan norma-norma yang ada di masyarakat | 5 Menit | |
Kegiatan inti |
| 30 Menit | |
Penutup |
| 15 Menit | |
D. Metode : 1. Ceramah langsung
2. Tanya jawab
3. Diskusi
- Media / alat : Papan tulis, kertas folio dan bulpen
- Evaluasi
1. evaluasi hasil : penilaian segera
jangka pedek
Jangka menengah diukur dengan menggunakan lembar observasi partisipasi
Siswa saat mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses : Dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan selama proses kegiatan ber
Langsung. Aspek yang diamati antara lain partisipasi siswa dalam kegiatan
Layanan tersebut.
- Rubrik evaluasi (target penilaian untuk siswa)
Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik apabila
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian nilai-nilai dimasyarakat.
2. Dapat menjelaskan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam masyarakat
3. Siswa dapat meyebutkan dan menunjukan perilaku yang positif
- Sumber Materi : 1. Modul Bimbingan Konseling
2. Buku psikologi Perkembangan Remaja
- Anggaran : Rp. 10.000,00
- Catatan
...................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala MTsN Rungkut Guru pembimbing
Drs.AMINATAM DWI ATMAJA, SPd
NIP. 196803101997031002 NIP. 1978051820050
|
|
RENCANA PROGRAM PELAYANAN BK
MTsN RUNGKUT SURABAYA
- Identitas
1. Madrasah : MTsN Rungkut Surabaya
2. Kelas/semester : VII / I (satu)
3. Jenis layanan : Informasi
4. Bidang bimbingan : Bimbingan Pribadi
5. Judul materi : Memantapkan nilai dan cara tingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Waktu pelaksanaan : 2 jam pelajaran (2x pertemuan)
7. Tujuan kegiatan : Klien/Siswa dapat ;
1. Menerapkan nilai dan perilaku pribadi dalam kehidupan diluar kelompok
2. Menyebutkan beberapa hal yang dapat menyebabkan manusia ditolak
3. Mengidentifikasi nilai dan cara berperilaku pribadi dalam kehidupan diluar kelompok
B. Materi : 1. Contoh penerapan nilai dan perilaku pribadi dalam kehidupan di luar kelompok
2. Beberapa hal yang menyebabkan manusia merasa di tolak
C. Uraian kegiatan
TAHAP | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | |
Pembukaa | Salam pembuka, presensi kehadiran siswa, menjelaskan tentang perilaku dan pergaulan etika tingkah laku | 5 Menit | |
Kegiatan inti | 1. Membentuk kelompok diskusi 2. Siswa mendiskusikan nilai-nilai dan perilaku yang sesuai dimasyarakat 3. Siswa mendiskusikan tentang dampak perilaku-perilaku seseorang terhadap norma yang berlaku diluar kelompok kehidupan sosialnya | 25 Menit | |
Penutup | 1. Siswa memaparkan hasil diskusi didepan kelas 2. Guru memberikan tanggapan atas hasil diskusi siswa | 10 Menit | |
D. Metode : 1. Ceramah langsung
2. Tanya jawab
3. Diskusi
- Media / alat : Papan tulis, kertas manila, spidol
- Evaluasi
1. evaluasi hasil : jangka pendek diukur dengan menggunakan lembar refleksi diri
Jangka menengah diukur dengan menggunakan lembar observasi partisipasi
Siswa saat mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses : Dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan selama proses kegiatan ber
Langsung. Aspek yang diamati antara lain partisipasi siswa dalam kegiatan
Layanan tersebut.
- Rubrik evaluasi (target penilaian untuk siswa)
Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik apabila
1. Siswa dapat menjelaskan penerapan nilai dan perilaku pribadi dalam kehidupan diluar kelompok.
2. siswa mampu menyebutkan beberapa hal yang dapat menyebabkan manusia merasa ditolak
- Sumber Materi : 1. Modul Bimbingan Konseling
2. Buku psikologi Perkembangan Remaja
- Anggaran : .............................................................................................................................
- Catatan
...................................................................................................................................................................
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Madrasah Guru pebimbing
Drs. Aminnatam Dwi Atmaja, S.Pd
NIP. 196803101997031002 NIP. 197805182005011002
RENCANA PROGRAM PELAYANAN BK
MTsN RUNGKUT SURABAYA
- Identitas
1. Madrasah : MTsN Rungkut Surabaya
2. Kelas/semester : VII / I (satu)
3. Jenis layanan : Informasi
4. Bidang bimbingan : Bimbingan Sosial
5. Judul materi : Memantapkan nilai dan cara tingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Waktu pelaksanaan : 2 jam pelajaran (2x pertemuan)
7. Tujuan kegiatan : Klien/Siswa dapat ;
1. Memahami tentang tata krama dan nilai-nilai sosial yang berlaku dimasyarakat
2. Bertingkah laku sosial yang positif dan sesuai dengan tata krama yang ada dalam kehidupan kelompok sebaya dan diluar kelompok sebaya
3. Memberikan contoh nilai-nilai sosial dalam kehidupan kelompok sebaya
B. Materi : 1. Tata krama dan nilai-nilai sosial yang berlaku dimasyarakat
2. contoh nilai-nilai sosial dalam kehidupan kelompok sebaya diluar kelompok sebaya
C.Uraian kegiatan
TAHAP | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | |
Pembukaan | Salam pembuka, presensi kehadiran siswa, dan menjelaskan tentang tata krama di masyarakat | 5 Menit | |
Kegiatan inti |
| | |
Penutup |
| | |
D. Metode : 1. Ceramah langsung
2. Tanya jawab
3. Diskusi
- Media / alat : Papan tulis, kertas folio, pulpen
- Evaluasi
1. evaluasi hasil : jangka pendek diukur dengan menggunakan lembar refleksi diri
Jangka menengah diukur dengan menggunakan lembar observasi partisipasi
Siswa saat mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses : Dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan selama proses kegiatan ber
Langsung. Aspek yang diamati antara lain partisipasi siswa dalam kegiatan
Layanan tersebut.
- Rubrik evaluasi (target penilaian untuk siswa)
Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik apabila
1. Siswa dapat menjelaskan penerapan nilai dan perilaku pribadi dalem kehidupan diluar kelompok.
2. siswa mampu menyebutkan beberapa hal yang dapat menyebabkan manusia merasa ditolak
- Sumber Materi : 1. Modul Bimbingan Konseling
2.
- Anggaran : Rp.10.000,00
- Catatan
...................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala MTsN Rungkut Guru pembimbing
Drs. Aminnatam Dwi Atmaja, S.Pd
NIP. 196803101997031002 NIP. 197805182005011002
RENCANA PROGRAM PELAYANAN BK
MTsN RUNGKUT SURABAYA
- Identitas
1. Madrasah : MTsN Rungkut Surabaya
2. Kelas/semester : IX / I
3. Jenis layanan : Informasi
4. Bidang bimbingan : Pribadi
5. Judul materi : NARKOBA DAN PENYALAHGUNAANNYA
6. Waktu pelaksanaan : 2 jam pelajaran (2x pertemuan)
7. Tujuan kegiatan : Klien/Siswa dapat ;
1. Siswa dapat memahami tentang narkoba.
2. Siswa dapat memahami akibat pemakaian berbagai jenis narkoba
B. Materi : 1. Pengertian narkoba
2. Jenis-jenis narkoba
3. Pengaruh narkoba pada kerja
4. Penyalahgunaan narkoba
5. Fakta dan Mitos tentang narkoba
C. Uraian kegiatan
TAHAP | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | |
Pembukaan | - salam, presensi, membina hubungan baik - tanya jawab materi tentang narkoba - menyampaikan tujuan dan materi tentang narkoba | 7 menit | |
Kegiatan inti |
| 30 Menit | |
Penutup |
refleksi hasil, setiap siswa menulis di kertas tentang pengalaman belajar dan kesan-kesan yang telah diperoleh dari diskusi. | 7 Menit | |
D. Metode : Klasikal dan diskusi kelompok
E. Media / alat : Buku sumber, lembar kertas yang berisi bahan yang akan didiskusikan
dan alat tulis.
F. Evaluasi
1. evaluasi hasil : jangka pendek diukur dengan menggunakan lembar refleksi diri
Jangka menengah diukur dengan menggunakan lembar observasi partisipasi
Siswa saat mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses : Dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan selama proses kegiatan ber
Langsung. Aspek yang diamati antara lain partisipasi siswa dalam kegiatan
Layanan tersebut.
G. Rubrik evaluasi (target penilaian untuk siswa)
Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik apabila
- Dapat memahami pengertian narkoba, jenis-jenisnya dan pengaruhnya terhadap kerja otak dan psikis.
- Dapat memahami tentang penyalagunaan narkoba
- Dapat memahami fakta dan mitos tentang narkoba
- Dapat mengambil sebuah pemahaman bahwa narkoba berbahaya dan sikap menolak narkoba.
H. Sumber Materi : Modul Sosialisasi Pedoman Penyuluh P4GN di lingkungan pendidikan
I. Anggaran : Rp. 10.000,- untuk foto kopi lembar bahan diskusi.
J. Catatan
...................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala MTsN Rungkut Guru pebimbing
Drs. Aminnatam Dwi Atmaja, S.Pd
NIP. 196803101997031002 NIP.197805182005011002
RENCANA PROGRAM PELAYANAN BK
MTsN RUNGKUT SURABAYA
- Identitas
1. Madrasah : MTsN Rungkut Surabaya
2. Kelas/semester : IX / I (satu)
3. Jenis layanan : Informasi
4. Bidang bimbingan : karir
5. Judul materi : Pemahaman potensi diri
6. Waktu pelaksanaan : 1 jam pelajaran (1x pertemuan)
7. Tujuan kegiatan : Klien/Siswa dapat Memiliki pemahaman yang mantap tentang
pentingnya kondisi yang sehat dalam pengembangan
karir
pentingnya kondisi yang sehat dalam pengembangan
karir
B. Materi : Pemahaman potensi diri secara psikologis dan
fisiologis
fisiologis
C.Uraian kegiatan
TAHAP | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | |
Pembukaan | 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 2. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan. | 5 Menit | |
Kegiatan inti |
| 25 Menit | |
Penutup | 1. Masing- masing ketua kelompok menyampaikan hasil diskusi didepan kelas secara bergantian, dipimpin oleh guru. 2. Siswa yang lain diberi kesempatan untuk bertanya / memberikan sanggahan terhadap pendapat masing-masing kelompok. 3. Siswa membuat simpulan yang dibimbing oleh guru. | 15 Menit | |
D. Metode : 1. Ceramah langsung
2. Tanya jawab
3. Diskusi
- Media / alat : Kertas folio bergaris, Pulpen
- Evaluasi
1. evaluasi hasil : penilaian segera
jangka pedek menggunakan tes lisan
Jangka menengah diukur dengan menggunakan lembar observasi partisipasi
Siswa saat mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses : Dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan selama proses kegiatan ber
Langsung. Aspek yang diamati antara lain partisipasi siswa dalam kegiatan
Layanan tersebut.
- Rubrik evaluasi (target penilaian untuk siswa)
Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik apabila
1. Siswa dapat memahami potensi diri yang dimilikinya.
2. Dapat menjelaskan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam masyarakat
3. Siswa dapat meyebutkan dan menunjukan perilaku yang positif
- Sumber Materi : 1. Modul Bimbingan Konseling
- Anggaran : Rp. 15.000.00
- Catatan
...................................................................................................................................................................
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala MTsN Rungkut Guru Pembimbing
Drs. Aminnatam Dwi Atmaja, S.Pd
NIP. 196803101997031002 NIP. 197805182005011002
Instrumen Penilaian :
SOAL :
1. Anda tahu apa yang dimaksud dengan potensi diri ?
2. Potensi apa yang anda miliki ?
3. Apa kaitannya potensi diri dengan kesehatan jasmani dan rokhani anda ?
4. Dapat berkembangkah orang yang memiliki potensi diri, namun jasmaninya dinyatakan tidak sehat? Apa alasannya ?
5. Dapat berkembangkah orang yang memiliki potensi diri, namun rokhaninya tidak sehat ?
Apa alasannya ?
SOAL :
1. Anda tahu apa yang dimaksud dengan potensi diri ?
2. Potensi apa yang anda miliki ?
3. Apa kaitannya potensi diri dengan kesehatan jasmani dan rokhani anda ?
4. Dapat berkembangkah orang yang memiliki potensi diri, namun jasmaninya dinyatakan tidak sehat? Apa alasannya ?
5. Dapat berkembangkah orang yang memiliki potensi diri, namun rokhaninya tidak sehat ?
Apa alasannya ?
MATERI DISKUSI :
POTENSI DIRI
Sebagai remaja, siswa MTsN berada pada tahap perkembangan jiwa yang pada umumnya sulit, penuh badai dan topan ( storm and stress ), penuh kebimbangan, dan penuh dengan kegoncangan. Ini merupakan masa transisi , mereka sudah bukan kanak-kanak lagi tetapi belum pula dewasa. Secara sosial posisinya marginal dan oleh masyarakat mereka belum diperlakukan sebagai manusia dewasa. Pada masa ini remaja perlu mempelajari berbagai macam tugas untuk menyiapkan diri memikul tanggung jawabnya nanti dalam masa dewasa. Makin maju dan makin kompleks kehidupan masyarakatnya makin sukar tugas remaja untuk mempelajari tanggung jawabnya.
Oleh karena itu remaja harus tahu potensi dirinya, usaha untuk mencari potensi diri ini kemudian memberikan prestise tertentu terhadap dirinya, kenali dulu bakat/ potensi/ kemampuan anda.
A. Prestasi dalam bidang akademis :
Program diklat yang mana yang paling baik nilainya.
Dibidang normatif, adaptif atau produktif ? .
Sebutkan program diklatnya !
B. Kegiatan ekstra kurikuler apa yang anda ikuti ? .
C. Bakat/potensi/kemampuan di bidang keahlian apa yang ada pada
diri anda ? apakah dibidang : olah raga ( lari, sepak bola, bulu tangkis, volly, basket, pemanah, lempar lembing, catur, bela diri, tenes, tenis meja, senam, golf, bise ball ).
Atau dibidang ketrampilan ( menggunakan mesin atau peralatan, mengurus keuangan , menemukan ide-ide baru, menjual barang / jasa ).
Atau dibidang komunikasi ? ( menolong orang yang menghadapi masalah , memecahkan masalahsecara praktis, cepat menerti persoalan-persoalan minat, melakukan perhitungan dengan angka-angka, membuat sistem bekerja dengan lebih baik, bekerja di luar rumah, menjelaskan ide-ide kepada orang lain , mengadakan pencatatan dan pembukuan, memperhatikan orang lain, mendiskusikan ide-ide dengan orang lain).
Atau dibidang kesenian ( menggambar, melukis atau menulis,
menyanyi, musik, memmunculkan ide-ide atau pembaharuan, menari).
Atau dibidang organesasi ? ( mengorganisir orang untuk berbuat sesuatu) .
Potensi diri tersebut tidak akan bisa berkembang dengan baik bila tidak ditunjang dengan kesehatan jasmani dan rohani. Orang punya bakat menyanyi, namun dia mengalami gangguan sakit jiwa, atau menderita penyakit struk, otomatis tidak akan bisa berkembang potensi/ bakatnya tersebut.
Pekerjaan apakah yang anda inginkan setelah menamatkan sekolah ? Apa cita-cita anda ? Adakah usaha untuk pencapiannya ?
Tulis karangan dengan judul Cita-citaku ( karangan hendaknya berisi tentang makna cita-cita anda ditinjau dari anda dan orang tua ,alasan mengapa anda memilih cita-cita itu, gaya hidup yang anda harapkan dengan terwujutnya cita-cita).
Pemberian wawasan pada mereka tentang pilihan – pilihan karir dimasa depan , jenis-jenis profesi akan sangat membantu mereka merumuskan cita-cita, dan menyusun strategi untuk meraihnya, dan mendorong mereka untuk mempelajari hal-hal penting untuk menjalani tugas – tugas sebagai manusia dewasa.
Sebagai remaja, siswa MTsN berada pada tahap perkembangan jiwa yang pada umumnya sulit, penuh badai dan topan ( storm and stress ), penuh kebimbangan, dan penuh dengan kegoncangan. Ini merupakan masa transisi , mereka sudah bukan kanak-kanak lagi tetapi belum pula dewasa. Secara sosial posisinya marginal dan oleh masyarakat mereka belum diperlakukan sebagai manusia dewasa. Pada masa ini remaja perlu mempelajari berbagai macam tugas untuk menyiapkan diri memikul tanggung jawabnya nanti dalam masa dewasa. Makin maju dan makin kompleks kehidupan masyarakatnya makin sukar tugas remaja untuk mempelajari tanggung jawabnya.
Oleh karena itu remaja harus tahu potensi dirinya, usaha untuk mencari potensi diri ini kemudian memberikan prestise tertentu terhadap dirinya, kenali dulu bakat/ potensi/ kemampuan anda.
A. Prestasi dalam bidang akademis :
Program diklat yang mana yang paling baik nilainya.
Dibidang normatif, adaptif atau produktif ? .
Sebutkan program diklatnya !
B. Kegiatan ekstra kurikuler apa yang anda ikuti ? .
C. Bakat/potensi/kemampuan di bidang keahlian apa yang ada pada
diri anda ? apakah dibidang : olah raga ( lari, sepak bola, bulu tangkis, volly, basket, pemanah, lempar lembing, catur, bela diri, tenes, tenis meja, senam, golf, bise ball ).
Atau dibidang ketrampilan ( menggunakan mesin atau peralatan, mengurus keuangan , menemukan ide-ide baru, menjual barang / jasa ).
Atau dibidang komunikasi ? ( menolong orang yang menghadapi masalah , memecahkan masalahsecara praktis, cepat menerti persoalan-persoalan minat, melakukan perhitungan dengan angka-angka, membuat sistem bekerja dengan lebih baik, bekerja di luar rumah, menjelaskan ide-ide kepada orang lain , mengadakan pencatatan dan pembukuan, memperhatikan orang lain, mendiskusikan ide-ide dengan orang lain).
Atau dibidang kesenian ( menggambar, melukis atau menulis,
menyanyi, musik, memmunculkan ide-ide atau pembaharuan, menari).
Atau dibidang organesasi ? ( mengorganisir orang untuk berbuat sesuatu) .
Potensi diri tersebut tidak akan bisa berkembang dengan baik bila tidak ditunjang dengan kesehatan jasmani dan rohani. Orang punya bakat menyanyi, namun dia mengalami gangguan sakit jiwa, atau menderita penyakit struk, otomatis tidak akan bisa berkembang potensi/ bakatnya tersebut.
Pekerjaan apakah yang anda inginkan setelah menamatkan sekolah ? Apa cita-cita anda ? Adakah usaha untuk pencapiannya ?
Tulis karangan dengan judul Cita-citaku ( karangan hendaknya berisi tentang makna cita-cita anda ditinjau dari anda dan orang tua ,alasan mengapa anda memilih cita-cita itu, gaya hidup yang anda harapkan dengan terwujutnya cita-cita).
Pemberian wawasan pada mereka tentang pilihan – pilihan karir dimasa depan , jenis-jenis profesi akan sangat membantu mereka merumuskan cita-cita, dan menyusun strategi untuk meraihnya, dan mendorong mereka untuk mempelajari hal-hal penting untuk menjalani tugas – tugas sebagai manusia dewasa.